Pengertian Kehidupan

“kehidupan” adalah hal yang sulit, karena hidup adalah sebuah proses, bukan substansi murni. Definisi apapun harus cukup luas untuk mencakup seluruh kehidupan yang dikenal, dan definisi tersebut harus cukup umum, sehingga, dengan itu, ilmuwan tidak akan melewatkan kehidupan yang mungkin secara mendasar berbeda dari kehidupan di bumi.

Biologi

Karena tidak ada definisi tegas dari kehidupan, pemahaman saat ini bersifat deskriptif: kehidupan merupakan ciri organisme yang menunjukkan semua atau sebagian besar dari fenomena berikut, yaitu:

* Homeostasis: Pengaturan kondisi internal untuk mempertahankan keadaan konstan, misalnya, konsentrasi elektrolit atau mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu.
* Organisasi: Secara struktural terdiri dari satu atau lebih sel, yang merupakan satuan dasar kehidupan.
* Metabolisme: Transformasi energi dengan mengubah bahan kimia dan energi menjadi komponen selular (anabolisme) dan mengurai bahan organik (katabolisme). Makhluk hidup membutuhkan energi untuk mempertahankan organisasi internal (homeostasis) dan untuk menghasilkan fenomena lain yang terkait dengan kehidupan.
* Pertumbuhan: Pemeliharaan tingkat yang lebih tinggi dari katabolisme dan anabolisme. Organisme yang tumbuh bertambah dalam ukuran di semua bagian-bagiannya, bukan hanya sekadar mengumpulkan materi.
* Adaptasi: Kemampuan untuk berubah selama periode waktu dalam menanggapi lingkungan. Kemampuan ini merupakan hal mendasar untuk proses evolusi dan ditentukan oleh perwarisan watak organisme maupun komposisi zat yang di-metabolisme, dan berbagai faktor eksternal.
* Respon terhadap rangsangan: respon dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, dari kontraksi organisme uniseluler terhadap bahan kimia eksternal, sampai dengan reaksi kompleks yang melibatkan semua indera organisme multiseluler. Tanggapan sering dinyatakan dengan gerak, misalnya, daun tanaman berbalik ke arah matahari (fototropisme) dan oleh kemotaksis.
* Reproduksi: Kemampuan untuk menghasilkan organisme individu baru, baik secara aseksual dari organisme orang tua tunggal, atau secara seksual dari dua organisme induk.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi kehidupan:

# I KETUT GEDE YUDANTARA
Kehidupan merupakan anugerah dan amanah sebagai ciptaan Tuhan

Kehidupan merupakan cobaan hidup yang selalu dirundung suatu permasalahan

Kehidupan merupakan penebus dosa serta merupakan suatu proses reinkarnasi

# CAMPBELL, REECE, MITCHELL
Kehidupan merupakan suatu hirarki, dimana setiap tingkat sruktur biologis merupakan pengembangan dari tingkatan di bawahnya

# SAYYID QUTHB
Kehidupan merupakan rangkaian pengaturan sehingga kita sampai kepada adanya air dan kehidupan

# NISTIAN ODOP
Kehidupan adalah guru yang sesungguhnya

# SUHAIRI AWANG
Kehidupan merupakan suatu kisah yang penuh berliku. kelangsungannya senantiasa berputar – putar di ruang lingkup yang serupa dari satu generasi sejak mula manusia diciptakan hinggalah menjejak kepada waktu yang paling hampir dan kisahnya selalu berulang – ulang

# PAULUS WAHANA
kehidupan merupakan suatu fakta, yang tidak dengan sendirinya terkait dengan nilai

# ALEXANDER PAULUS
Kehidupan adalah sebuah pendakian

# MITCH AXELROD
Kehidupan merupakan sebuah perjalanan untuk dijalani dan dinikmati

# J. C. MICHAELS
kehidupan adalah perjalanan luar biasa menuju wilayah tak dikenal, sebuah jalur penuh  tipu daya melalui hutan – hutan gelap, sebuha tirai gantung diatas kulit pohon yang bercabang – cabang

 

Sumber: carapedia.com

Dalam kategori: Definisi

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.