Cara Ikhlas

Setiap kehidupan tak lepas dari masalah masalah yang menerpa, Tinggal bagaimana cara kita menghadapinya. Menghadapi masalah seperti ini sebaiknya ikhlas dan rileks agar pikiran kita tidak berlarut dalam kesedihan. Berikut tips cara mudah untuk ikhlas yang bisa anda coba.

1.Nafas  5-5-5 : Tarik nafas 5 detik, tahan nafas 5 detik, dan keluarkan 5 detik.  Lakukan selama 3-5 menit. Dengan mengatur pola nafas akan menghantarkan  gelombang otak anda turun menjadi alpha yang siap mendukung anda untuk  ikhlas.

2.Sambil mengatur nafas, pejamkanlah mata anda.  Naikkanlah mata anda ke atas dan turun (normal) Lakukan 3-5 kali. Gerakkan mata seperti ini akan membawa pikiran anda masuk gelombang  alpha dengan lebih mudah.

3.Biarkanlah nafas anda membasuh tubuh anda dengan kesejukan, kelembutan dan kedamaian.

4.Ijinkalah pikiran-otak-hati-tubuh anda terbuka agar uneg-uneg  (kejadian-masalah-orang) yang membuat anda tidak bahagia (tidak ikhlas)lepas.

5.Ijinkanlah seluruh hambatan-hambatan lepas dari diri  anda dengan mengatakan: “saya rela mengikhlaskan seluruh kecemasan,  ketakutan, kekhawatiran lepas. Saya mengikhlaskan semua keinginan untuk  mengatur hidup kepada limpahan kasih sayang TUHAN” Atau anda bisa  mengubah sesuaikan dengan masalah anda “saya rela mengikhlaskan (….  apa masalah anda) kepada limpahan kasih sayang Mu Ya TUHAN. Saya ikhlaskan  semua kebaikannya kepada Mu ya TUHAN” Intinya kalimat ini adalah kalimat  penerimaan yang jika anda hayati dapat membawa anda dalam kondisi alpha  (rilek dan damai). Kondisi ini HARUS tanpa perlawanan.

6.Sambil anda mengucapkan itu, bayangkanlah apa yang anda inginkan sudah terjadi.  Misal anda sedang punya masalah denga rumah tangga atau sedang sakit,  maka bayangkanlah kebaikan rumah tangga dan kesembuhannya SUDAH TERJADI.

7.Sambil membayangkan apa yang anda harapka SUDAH terjadi,  ucapkanlah kalimat syukur. Terimakasih TUHAN atas segala-galanya

8.Ulangi sampai 20 menit, pagi-petang.
Saya yakin perlahan dan pasti, sistem perkabelan dalam tubuh anda  sudah siap untuk menjalani hidup jauh lebih ikhlas, jauh lebih bahagia.

“Aku rela mengikhlaskan segala ketakutan, kecemasan, khawatir dan  keinginan untuk mengatur hidup kepada limpahan kasih sayang TUHAN. Dan  aku ikhlaskan aliran kebijaksanaanMu membanjiri ruang hatiku”.

Sumber: simplypositive.blogdetik.com

Dalam kategori: Kata Bijak

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.